SELAMAT DATANG DIBLOG AHLI PERKANTORAN

Rabu, 17 Mei 2017

Manajemen Perkantoran

MANAJEMEN
Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi fungsi manajemen itu. Jadi, manajemen itu adalah suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Adapun unsur-unsur manajemen adalah:
1. Man yaitu tenaga kerja manusia, baik tenaga kerja pimpinan maupun tenaga kerja operasional/ Pelaksana.
2. Money yaitu uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
3. Methods yaitu cara-cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan.
4. Materiels yaitu bahan-bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
5. Machines yaitu mesin-mesin / alat-alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan.
6. Market yaitu pasar untuk menjual barang dan jasa-jasa yang dihasilkan.
Fungsi-Fungsi Manajemen
Manajemen oleh para ilmuan dapat di bagi atas beberapa fungsi, pembagian fungsi-fungsi manajemen ini tujuannya adalh :
a. Supaya systematika urutan pembahasannya lebih teratur
b. Agar analisis pembahasannya lebih mudah dan lebih mendalam
c. Untuk mencapai pedoman pelaksanaan proses manajemen bagi manajer.
Fungsi-fungsi manajemen antara lain:
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah proses penentuan tujuan dan pedoman pelaksanaan, dengan memilih yang terbaik dari alternatif-alternatif yang ada.
Menurut Harold koontz dan Cyril o’donnelberpendapat bahwa perencanaan ialah fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan, kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur, dan program-program dari alternatif-alternatif yang ada.
Jadi masalah perencanaan adalah masalah “memilih” yang terbaik dari beberapa alternative yang ada.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah suatu proses penentuan, pengelompokan dan pengaturan macam-macam aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada setiap aktivitas ini, ,menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara relative didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.(Drs.H.Malayu S.P. Hasibuan)
Sedangkan menurut G.R.Terry, pengorganisasian adalah tindakan mengusahakan hubungan-hubungan kelakuan yang efektif antara orang-orang, sehungga mereka dapat bekerjasama secar efesien, dan dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam hal melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau sasaran tertentu.
3. Pengarahan (actuating)
Pengarahan adalah pengarahan semua bawahan, agar mau bekerjasama dan bekerja efektif untuk mencapai tujuan, menurut G.R. Terry, pengarahan adalah membuat semua anggota kelompok agar mau bekerjasama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian.
4. Pengendalian (controlling)
Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai factor dalam suatu perusahaan, agar sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam rencana.
Menurut Harold Koontz, pengendalian adalah pengukuran dan perbaikan terhadap pelaksanaa kerja bawahan, agar rencana-rencana yang telah dibuat untuk mencapai tujuan-tujuan dapat terselenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar