Prinsip-prinsip manajemen perkantoran :
1.Perencanaan pekerjaan
Dalam prinsip ini menjelaskan tentang pembagian pekerjaan berdasarkan spesialisasi tujuan yang ingin dicapai. Merumuskan bagaimana standar, prosedur dan metode-metode yang akan dilakukan dalam menyelesaikan pekerjaan.
2.Pengorganisasian pekerjaan
Dalam prinsip ini dijelaskan mengenai kerja sama dan pembagian tugas yang harus dilakukan dalam sebuah organisasi/kantor demi tercapainya tujuan organisasi/kantor. Dengan adanya kerja sama dan pembagian tugas yang jelas maka akan memudahkan setiap anggota organisasi/kantor dalam menyelesaikan pekerjaannya.
3.Pengordinasian pekerjaan
Pada prinsip ini dijelaskan tentang kegiatan-kegiatan untuk menertibkan pekerjaan, sehingga segenap kegiatan manajemen maupun kegiatan pelaksanaan satu sama lain tidak simpang siur, tidak berlawanan dan dapat ditujukan kepada titik arah pencapaian tujuan dengan efisien.
4.Pengendalian pekerjaan
Dalam prinsip ini dijelaskan bagaimana manajer berusaha menjamin bahwa pekerjaan yang dilakukan bergerak sesuai arah tujuan yang diharapkan. Dengan melakukan tindakan perbandingan antara standar perencanaan yang telah ditetapkan dengan hasil pelaksanaan.
5.Pemberdayaan pegawai
Dalam prinsip ini dijelaskan bagaimana pegawai diberi kebebasan, keleluasaan, kemandirian dan tanggung jawab dalam mengerjakan pekerjaan serta dalam berpartisipasi dan pembuatan keputusan. Sehingga diharapkan dapat memunculkan potensi karyawan dan meningkatkan motivasi mereka sehingga mereka lebih adaptif, mau menerima lingkungan dan meminimalisir rintangan yang memperlambat kemampuan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan.
6.Komunikasi
Pada prinsip ini ditekankan adanya hubungan yang harmonis diantara sesama anggota organisasi maupun dengan manajer/pimpinan organisasi. Dibutuhkan sikap keterbukaan, saling memahami dan saling menghargai agar tercipta lingkungan yang kondusif sehingga pegawai dapat merasa nyaman dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
7.Tatanan kantor
Pada prinsip ini menekankan pada tata ruang kantor yang rapi serta tersusun secara sistematis sesuai dengan hubungan-hubungan diantara satuan-satuan/bagian-bagian pekerjaan didalam kantor sehingga memudahkan serta dapat menghemat waktu penyelesaian pekerjaan.
8.Peningkatan mutu pelayanan
Dalam prinsip ini menekankan pada pemuasan kebutuhan kepada pelanggan untuk memenuhi apa yang seharusnya mereka dibutuhkan. Dalam pelaksanaan prinsip ini dibutuhkan pelayanan tepat waktu, sikap loyalitas terhadap organisasi, serta jujur dapat dipercaya sehingga pelayanan terbaik dapat dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar